Blog ini semata-mata hanya untuk Tugas,Terima Kasih

Minggu, 14 Mei 2017

Tari Baris

Tari baris merupakan tarian ritual tradisional bali, tarian yang menggambarkan keberanian kesatria dan prajurit bali ini memresentasikan para pejuang yang siap bertempur untuk membela kerajaan bali.
Tarian ini biasanya dilakukan oleh 8-40 orang yang menggunakan pakaian perang tradisional dan dengan dilengkapi dengan pelindung dan ornamen kepala hingga dada dan punggung. akan tetapi setiap daerah memiliki Kostum yang berbeda-beda karena memiliki ciri khas masing masing.
Tari baris ini pada mulanya dilakukan dengan gerakan yang seperti sedang mengintai musuh dan sangat berhati-hati di daerah yang belum mereka kenal, dan kemudian ketika mereka telah sampai ke bagian tengah panggung ia mulai berjinjit dan berputar diatas satu kaki dan menunjukan wajah seorang pejuang yang tengah berada di medan perang. Tari baris merup[akan tarian keramat yang biasanya dilakukan pada saat upacara Kremasi (Pembakaran mayat) akan tetapi tari baris ini dilakukan pada saat Peringatan Pura dan Upacara suci lainnya karena dipercaya pada saat upacara tersebut para Dewa dewi dan leluhur turun kedunia untuk memberikan berkat, jadi tarian ini dipersembahkan untuk mereke sebagai pertunjukan dan juga rasa Syukur.


Tari Baris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tari Janger

Tari Janger adalah tari Tradisional Bali yang merupakantari pergaulan anak remaja Bali yang diciptakan sekitar tahun 1030-an, tarian janger...